Tips mengerjakan Soal Toefl ITP: Structure And Written Expression

Pada dasarnya, dari keseluruhan soal yang diujikan pada tes TOEFL, bagian TOEFL structure adalah bagian yang paling sulit meskipun jumlah soalnya adalah yang paling sedikit diantara bagian soal listening maupun reading, karena sesi ini dalam TOEFL ITP menguji kemampuan para peserta dalam bidang grammar (tata bahasa) bahasa Inggris (English).

Bagian soal structure and written expression ini biasanya diletakkan pada bagian kedua setelah sesi listening selesai. Anda sebagai peserta akan diminta mengerjakan 40 soal yang berkaitan dengan struktur atau grammar bahasa Inggris dalam waktu 25 menit. Jadi, secara matematis Anda hanya diberi waktu sekitar 37,5 detik untuk mengerjakan satu buah soal. Oleh karena itu, Anda dituntut berpikir cepat tapi teliti dalam menjawab soal-soal yang ada.

Materi soal structure and Written Expression ini memiliki dua model yang meliputi sentence completion atau incomplete sentense (melengkapi kalimat) pada part A. Dalam model pertanyaan ini terdapat lima belas (15) soal pertama, yaitu untuk soal nomor 1 s/d 15. Pada incomplete sentence, Anda diharuskan memilih satu jawaban yang paling benar diantara 4 jawaban yang disediakan. Sementara part B biasanya disebut sebagai error identification atau underlined words (mengindentifikasi kesalahan gramatikal). Pada model ini terdiri dari 25 soal berikutnya (soal no. 16 s/d 40), dimana Anda diharuskan dapat mengindentifikasi bagian mana yang secara grammatika salah diantara 4 kata atau frasa yang digarisbawahi.

Pada dasarnya, di semua cabang ilmu pengetahuan pasti mengenal konsep dan istilah structure (struktur). Sebuah struktur biasanya memiliki tiga hal pokok yang utama yaitu elemen pembentuk kalimat, keterkaitan/hubungan antar elemen kalimat, dan pola yang mengikat semua elemen tersebut. Begitu pula yang terjadi pada soal TOEFL structure dimana Anda harus mengenali satuan terkecil yang diujikan dalam sebuah kalimat.

Untuk penjelasan lebih detil, berikut disampaikan beragam soal TOEFL structure dan pembahasannya:

I wish you would tell me ………………….

(A) Who is being lived next door

(B) Who does live in the next door

(C) Who lives next door

(D) Who next door was living

Urutan kalimat yang benar adalah subject + verb + (complement) + (modifier). Jadi kalimat (D) sudah pasti salah karena tidak sesuai aturan baku. Sedangkan pada kalimat (A), is being lived tidak mungkin pada model struktur verbal. Kemudian kalimat (B) dapat diabaikan karena kata does dan in the tidak penting berada dalam kalimat model ini. Jadi jawaban yang benar adalah (C).

During the Daytona, the lead car ………………….., leaving the others far behind.

(A) Forwarded rapidly

(B) Advanced rapidly

(C) Advanced forward rapidly

(D) Advanced in a rapidly manner

Setelah subject ‘the lead car’ tentunya Anda akan membutuhkan verb untuk melengkapi kalimat tersebut. Kata forward bukan merupakan verb, jadi jawaban (A) salah. Lalu jawaban (B) adalah benar verb + adverb rapidly. Jawaban (C) berlebihan karena advanced artinya move forward, sedangkan jawaban (D) tidak tepat karena rapidly harusnya digunakan sebagai bentuk adjective.

In the(A) United States, there(B) are much(C) holidays throughout the(D) year.Dalam kalimat ini tampak bahwa kata much dapat dikategorikan sebagai non-count nouns sedangkan kata holidays merupakan count noun.

Jadi kata yang salah adalah (C) yang harusnya diganti dengan kata many.

Tomatoes(A) grows(B) all(C) year long in(D) Florida.Melihat keseluruhan konteks dalam kalimat tersebut, maka jelaslah bahwa yang dimaksud disini adalah tomatoes dalam bentuk plural. Maka dari itu, pasangan yang sesuai setelah bentuk plural adalah singular. Jadi jawaban (B) salah dan harusnya diganti dengan kata singular grow.

Perhatikan Kosakata dan Tata Bahasa yang Benar

Seperti yang telah diuraikan di atas bahwa TOEFL structure merupakan bagian yang paling sulit dari keseluruhan pembelajaran tes TOEFL. Oleh karena itu, Anda tidak akan dapat mengerti serta memahami apa itu structure dan bagaimana metode yang benar untuk mengerjakannya hanya dengan sekilas pandang atau mempelajarinya dalam waktu yang pendek. Misalnya, Anda tidak mungkin bisa menguasai soal-soal structure jika Anda baru mulai belajar pada hari Sabtu sementara Anda akan mengikuti tes TOEFL pada hari Senin. Sebagai tambahan, komponen utama dalam tata Bahasa Inggris adalah adanya subject dan verb.

Kehadiran subject dan verb ini sangatlah penting sebagai komponen dasar kalimat. Sementara itu, tata Bahasa Inggris juga mengenal perbedaan waktu pengucapan, apakah itu terjadi pada masa sekarang, masa lampau, atau masa mendatang. Perbedaan waktu ini akan turut mempengaruhi bentuk kata kerja yang digunakan serta rumus yang digunakan. Jadi, pemahaman akan bentuk atau pola rumus (Simple Present atau Simple Past atau Simple Future Tense) merupakan hal yang sangat penting dalam pembahasan TOEFL structure.

Tips Mengerjakan soal TOEFL Structure and Written Expression

Agar Anda bisa dengan mudah mengerjakan soal-soal pada sesi ini, alangkah baiknya jika Anda mengetahui Tips atau saran dalam mengerjakannya agar Anda mampu mendapatkan nilai yang terbaik. Berikut adalah beberapa Tips pada saat mengerjakan soal pada sesi structure and written expression:

Relax dan jangan tegang dalam mengerjakan setiap soal.

Tetap teliti walaupun Anda diharuskan menjawab secara cepat. Hal ini dikarenakan banyak sekali jebakan dalam soal-soal structure anda wrutten expression ini. Jangan terpaku pada satu soal. Ingat, waktu Anda sangat terbatas.

Lebih Khusus kenali:

Penggunaan part of speech (noun, adjective, dll) dalam kalimat Agreement of person (misalnya: She is bukan she are); Agreement of number (misalnya: Many moons bukan many moon); dan Agreement of tense (misalnya: I saw it yesterday bukan I see it yesterday) Word order (susuna kata), misalnya: beautiful girl bukan girl beautiful.

Sering-seringlah berlatih menjawab soal-soal yang berkualitas TOEFL. Hal ini dikarenakan semakin Anda mengenal model-model soal TOEFL, semakin mudah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada.

Soal Toefl ITP Structure and Written Expression Test

Structure and Written Expression Test

Directions

Questions 1–4 are incomplete sentences. Below each sentence you will see 4 words or phrases marked A, B, C and D. Choose the 1 word or phrase that best completes the sentence.

Examples

Geysers have sometimes been compared to volcanoes __________ they both emit hot liquids from below Earth's surface.

  1. despite
  2. because
  3. in regard to
  4. as a result of

The sentence should read, "Geysers have sometimes been compared to volcanoes because they both emit hot liquids from below Earth's surface." Therefore, you should choose B.

During the early period of ocean navigation, __________ any need for sophisticated instruments and techniques.

  1. so that hardly
  2. when there hardly was
  3. hardly was
  4. there was hardly

The sentence should read, "During the early period of ocean navigation, there was hardly any need for sophisticated instruments and techniques." Therefore, you should choose D.

As you're going through the questions below, select the appropriate answer for each by clicking on it. When you have answered all the questions, click "Show all answers" at the end of the page to highlight the correct answer for each question.

Now begin work on the questions.

Practice Questions

  1. Refrigerating meats ________ the spread of bacteria.
    1. A. slows
    2. B. slowing
    3. C. to slow
    4. D. is slowed
  2. Throughout the animal kingdom, ________ bigger than the elephant.
    1. A. whale is only the
    2. B. is the whale only
    3. C. only whale is the
    4. D. only the whale is
  3. The fact ________ credit cards are widely available has made them a popular form of payment.
    1. A. of
    2. B. that
    3. C. is that
    4. D. which is
  4. The Constitution gave the legislative branch of government ________ to pass laws.
    1. A. the power
    2. B. has the power
    3. C. the power is
    4. D. of the power

Written Expression

Directions

In questions 5–10, each sentence has 4 highlighted words or phrases. The 4 highlighted parts of the sentence are marked A, B, C and D. Identify the 1 highlighted word or phrase that must be changed in order for the sentence to be correct.

Examples

  1. Guppies are sometimes (A) call rainbow fish (B) due to the (C) bright colors of (D) the males.

The sentence should read, "Guppies are sometimes called rainbow fish due to the bright colors of the males." Therefore, you should choose A.

  1. (A) Serving several (B) term in the Congress, Shirley Chisholm (C) became a (D) respected political figure.

The sentence should read, "Serving several terms in the Congress, Shirley Chisholm became a respected political figure." Therefore, you should choose B.

As you're going through the questions below, select the appropriate answer for each by clicking on it. When you have answered all the questions, click "Show all answers" at the end of the page to highlight the correct answer for each question.

Now continue to work on the questions.

Practice Questions

  1. The gopher (A) digs not only with the (B) claws strong of its two front feet (C) but also with its (D) overhanging front teeth.
  2. Granville Woods is (A) credited with (B) inventing a steam boiler (C) furnaces in (D) the 1880s.
  3. (A) deficient of folic acid is (B) rarely a problem in humans (C) because the vitamin is present in a (D) wide variety of foods.
  4. (A) Electrical disturbances on Earth (B) are frequently caused (C) for storms (D) on the surface of the Sun.
  5. The (A) internationally famous dancer Maria Tallchief (B) demonstrate that (C) the quality of ballet in North America could equal (D) that of the ballet in Europe.
  6. (A) As two nuclei move closer together, (B) their mutual electrostatic potential energy (C) becomes (D) more large and more positive.


Beberapa Jenis Tes IUP UGM Untuk Fakultas Kedokteran

Tes IUP UGM Fakultas Kedokteran Terdiri Dari:

Tes GMSTGadjah Mada Scholastic Test (GMST) adalah tes kemampuan kognitif yang mengukur potensi individu dalam bidang akademik sekiranya mendapatkan kesempatan melanjutkan studi pada International Undergraduate Program (IUP) di Universitas Gadjah Mada.

Tes AceptAcept atau kepanjangan dari Academic English Proficiency Test merupakan sebuah tes bahasa inggris yang diselengarakan oleh UGM sebagai syarat untuk masuk s2 maupun S3 UGM. bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan S2 atau S3 di UGM maka test AcEPT ini sangat penting.

Bagian Sola Pada Acept

  1. Listening : 20 soal
  2. Vocabulary : 30 soal
  3. Grammar and structure : 40 soal
  4. Reading : 40 soal
  5. Composing skills : 40 soal

Tes SJT. Situational judgement test (SJT) adalah penilaian yang dirancang untuk mengukur penilaian kandidat dalam setting peran yang relevan atau setting kerja. Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan SJT pada proses seleksi dan penilaian di Fakultas Kedokteran telah digunakan secara luas.

Tes MMPI merupakan tes psikologi untuk mengidentifikasi psikopatologi pada calon petugas. Tes MMPI terdiri dari 567 pernyataan yang perlu dijawab. Calon petugas diberikan lembar jawaban untuk mengisi Benar atau Salah untuk setiap pernyataan,


Prediksi Tes Toefl ITP: Reading Comprehension Test

Toefl Prediction Test on Reading Comprehension. This section is designed to measure your ability to read and understand short passages similar in topic and style to those that students are likely to encounter in North American universities and colleges. This section contains reading passages and questions about the passages.

Directions: In this section you w read several passages. Each one is followed by a number of questions about it. You are to choose the one best answer, (A), (B), (C), or (D), to each question. Then, on your answer sheet, find the number of the question and fill in the space that corresponds to the letter of the answer you have chosen.

Answer all questions about the information in a passage on the basis of what is stated or implied in that passage.

Read the following passage:

John Quincy Adams, who served as the sixth president of the United States from 1825 to 1829, is today recognized for his masterful statesmanship and diplomacy. He dedicated his life to public service, both in the presidency and in the various other political offices that he held. Throughout his political career he demonstrated his unswerving belief in freedom of speech, the antislavery cause, and the right of Americans to be free from European and Asian domination.

Example I

To what did John Quincy Adams devote his life?

(A) Improving his personal life

(B) Serving the public D

(C) Increasing his fortune

(D) Working on his private business

According to the passage, John Quincy Adams “dedicated his life to public service.” Therefore, you should choose answer (B).

Example II

In line 4, the word “unswerving” is closest in meaning to

(A) moveable

(B) insignificant D

(C) unchanging

(D) diplomatic

The passage states that John Quincy Adams demonstrated his unswerving belief “throughout his career.” This implies that the belief did not change. Therefore, you should choose answer (C).

Questions 1—9

The largest diamond ever found is the Cullinan Diamond.

This diamond weighed 3,106 carats in its uncut state when it was discovered in South Africa on January 25, 1905.The Cullinan Diamond was cut into 9 major stones and 96 smaller ones. The largest of the cut stones, and still the largest cut diamond in the world, is the pear-shaped Cullinan I at 530 carats.

This diamond, which is also known as the Greater Star of Africa, is more than 2 inches (5.4 cm)

long and 1.75 inches (4.4 cm) wide. It became part of the British crown jewels in 1907.

1. What is the best title for this passage?

     (A) Diamond Cutting

     (B) The Worlds Biggest Diamond, Uncut and Cut

    (C) Measuring Diamonds in Carats

    (D) The British Crown Jewels

2. The word “uncut” in line 2 is closest in meaning to which of the following?

     (A) Finished

     (B) Unnatural

     (C) Pear

     (D) Whole

3. The word “discovered” in line 2 is closest in meaning to

    (A) created

    (B) found

    (C) buried

    (D) weighed

4. It can be inferred from the passage that the Cullinan Diamond was cut into how many total stones?

    (A) 9

   (B) 96

   (C) 105

   (D) 3,106

5. The word “major” in line 3 could best be replaced by

   (A) well-known

   (B) military

   (C) natural

   (D) big

6. Which of the following is NOT true about Cullinan I?

    (A) It was cut from the Cullinan Diamond.

    (B) It weighs 3,106 carats.

    (C) It is the biggest cut diamond in the world.

    (D) It is sometimes called the Greater Star of Africa.

7. All of the following are true about the shape of the Greater Star of Africa EXCEPT that

    (A) it is in the shape of a pear

    (B) it is 5.4 centimeters long

    (C) it is longer than it is wide

    (D) it is 4.4 inches wide

8. According to the passage, what happened to Cullinan I?

    (A) It remained in Africa.

    (B) It was cut into smaller stones.

    (C) It was cut and changed into the Greater Star of Africa.

    (D) It became the property of the British Royal family.

9. Where in the passage does the author mention the Cullinan Diamond’s weight when it was mined?

    (A) Lines 1 - 2

    (B) Line 3

   (C) Lines 4 - 5

   (D) Line 6

Tips Dan Strategi Menjawab Soal Jumbled Sentence Pada Tes Acept Dan IUP UGM

 Jumbled Sentences adalah materi “writing skill” atau ketrampilan menulis yang melatih siswa menyusun kalimat acak menjadi paragraph atau text yang padu, bisa berupa text descriptive, report, procedure, recount dan narrative. Masing-masing text mempunyai ciri khas tersendiri seperti telah tertulis dalam rangkuman materi pada bab-bab sebelumnya, oleh karena itu siswa harus jeli mengamati ciri-ciri tersebut. Secara singkat, ada beberapa trick yang dapat menjadi pertimbangan dalam menyusun kalimat menjadi suatu text:

Text Descriptive: 

Diawali dengan kalimat yang menunjuk suatu benda yang akan dijelaskan. Dilanjutkan dengan kalimat yang mendiskripsikan benda tersebut, secara runtut.

 Text Report: 

Diawali dengan kalimat yang memberi gambaran umum tentang suatu subject. Dilanjutkan dengan kalimat yang mendiskripsikan subject tersebut secara runtut.

 Text procedure: 

Diawali dengan kalimat “AIM” atau “GOAL”, bisa berupa judul atau prolog. Mis: How to makenew folder/ Here are the steps to create new folder. Carilah connective words (kata penghubung) “first, second, third” secara urut, atau “then,after that, the next, when, while” sesuai dengan keselarasan kalimat. Kata “finally, the last” biasanya ada pada kalimat terakhir, kecuali jika ada kalimat penutup,seperti: It is easy, isn’t it?/Do you want a try?/Eat them while warm, dsb, maka kalimatpenutup menempati akhir paragraph.

 Text recount: 

Diawali dengan keterangan waktu yang pasti, misalnya: last week, one day, yesterday, on May4th August 2008, dsb. Kalimat selanjutnya adalah events, carilah kalimat yang menceritakan kejadian secara runtut. Biasanya text tersebut diakhiri dengan kesimpulan misalnya: The incident was very funny!.

 Text narrative: 

Diawali dengan keterangan waktu: Once upon a time, few years ago, long time ago, dsb. Dilanjutkan dengan kalimat yang berupa isi certa tersebut secara runtut sesuai dengan cerita. Kalimat terakhir adalah kesimpulan atau opini penulis, bisa berupa nasehat atau pendapatpenulis mengenai cerita tersebut.

Note: 

Dalam mengerjakan soal ini jangan segan-segan mencoba semua option yang disediakan, dari jawaban pada option A,B,C dan D, untuk memudahkan  mencari alternative jawaban dan  membandingkan jawaban yang paling tepat. Biasanya ada dua jawaban yang mirip, namun hanya ada satu jawaban yang paling tepat. Sengaja ada satu jawaban mirip untuk jebakan, jadi harap lebih cermat dan hati-hati. Berlatihlah sebanyak-banyaknya materi ini, semakin banyak berlatih semakin mudah dan peka dalam menentukan keselarasan kalimat.

 

Direction:

Number 1 contain jumbled sentences. You are required to identify the correct order to form a good paragraph.

 Perintah:

Soal nomor 1 berisi kalimat-kalimat yang tidak disusun dengan urutan yang baik. Anda diminta untuk memilih jawaban dengan urutan kalimat yang benar untuk membentuk paragraph yang baik.

 

Contoh Soal:

1. Some of the places where they live are Africa, India, South America, and Australia.

2. They hunt mammals and birds which come to the river to drink.

3. Crocodiles are the largest and the most dangerous reptile.

4. They can also attack and kill people.

5. They have large mouths and many sharp teeth.

6. They live in rivers.

 

A.3-6-4-2-1-5          C.  6-l-3-4-5-2

B.3-6-1-5-2-4          D.  1-2-3-4-5-6

 

Pembahasan

Soal ini meminta untuk menyusun kalimat acak tersebut menjadi sebuah paragraf. Apabila disusun kalimat-kalimat tersebut akan membentuk sebuah Report Text. Teks ini adalah teks yang mendeskripsikan suatu obyek secara umum. Generic structure-nya adalah General Classification: pernyataan umum tentang objek yang akan dibahas. Description: penggambaran dari obyek yang dibahas, bisa sifat, tingkah laku, maupun ciri-cirinya.  Untuk menyusunnya  kita harus tahu artinya terlebih dahulu.

Dengan demikan, susunan berdasarkan generic structure-nya sebagai berikut ini General Classification: Crocodiles are the largest and the most dangerous reptile. Descriptions: They live in the river. Some of the places where they live are Africa, India, South America, and Australia. They have large mouths and many sharp teeth. They hunt mammals and birds which come to the river to drink. They can also attack and kill people. Maka jawaban yang benar adalah: B

 

 

 

 

Cara Membuat Parafrase Pada Tes Acept UGM

 Paraphrasa: Mengubah Teks Sumber dengan Mempertahankan Makna Kegiatan mengubah teks yang berbeda dengan kalimat redaksional aslinya meskipun makna masih dipertahankan merupakan keterampilan seni yang sangat penting dibutuhkan pada segmen bidang karya ilmiah. Dampak dari keberhasilannya menentukan tulisan akademik kita terhindarkan dari tindak plagiasi. Berikut pengertian dan contoh kalimat-kalimatnya (Bailey, S., 2006, p. 29 - 31).   Paraphrase bermanfaat mengungkapkan makna tanpa harus mengurangi jumlah kata-kata aslinya. 

Misalnya:

Bukti hilangnya suatu peradaban Kerajaan Majapahit dapat ditemukan di sekitar wilayah museum Majapahit.

Diparaphrasa menjadi:

Sisa-sisa peninggalan masyarakat kuno Kerajaan Majapahit dapat ditelusuri di lingkungan museum Majapahit.  

Paraphrase yang baik menunjukkan perbedaan jelas dengan redaksional aslinya. Ia hanya cukup menampilkan makna apa adanya dengan kata-kata redaksional yang berbeda. 

Misalnya:

Peradaban Mesir kuno jatuh sekitar pada tahun 2180 sebelum masehi. Penelitian yang dilakukan pada endapan lumpur sungai Nil menunjukkan bahwa saat ini lumpur yang mengendap di sungai Nil itu mengalami kekeringan di dekat daerah pegunungan. Peristiwa tersebut berdampak buruk bagi masyarakat yang tinggal di daerah tersebut untuk bertahan hidup.

 Diparaphrasa menjadi:

Riset terhadap lapisan tanah di sungai Nil Mesir yang sangat tandus sekitar pegunungan dekat hulu sungai disimpulkan kurangnya air untuk irigasi sekitar tahun 2180 sebelum masehi, yang mana sebagai awal jatuhnya peradaban Mesir. 

 Paraphrasakan seperti berikut ini:

Peradaban Mesir yang mendadak berakhir lebih dari 4 ribu tahun silam kemungkinan besar disebabkan perubahan cuaca di wilayah utara dan berdampak ke selatan. Tanpa terjadinya aliran banjir yang berkelanjutan, masyarakat kekurangan persediaan makanan.    

Parafrasa dengan menggunakan teknik pencarian sinonim, kelas kata, dan urutan kata dapat diwujudkan melalui enam langkah sederhana. Enam langkah sederhana menurut Henning, E., Gravett, S., & Rensburg, W. V. (2005, p. 51) tersebut seperti di bawah ini:

- bacalah ulang teks aslinya hingga Anda memahami maknanya secara utuh;

- kesampingkan teks aslinya dulu; buat dan tulis parafrasa Anda pada sebuah catatan;

- catatlah beberapa kata di bawah tulisan parafrasa Anda untuk sekadar pengingat seberapa jauh Anda menggunakan pengetahuan Anda perihal kutipan dan parafrasa. Di atas lembar catatan Anda, tulislah kata kunci atau frasa yang menunjukkan judul / bahasan perihal latihan berparafrasa;

- cermati cara Anda memparafrasa teks asli untuk menyakinkan Anda telah memenuhi teknis secara tepat dan mewujudkan hasil latihan Anda dengan jelas, terjangkau, dan bermakna;

- gunakan tanda petik untuk menandai istilah-istilah yang menurut Anda asing dari teks asli,

- dokumentasikan teks asli (termasuk halamannya) pada catatan Anda supaya Anda dapat dengan mudah menggunakannya saat Anda memutuskan untuk menggabungkan hasil usaha kutipan dan parafrasa Anda kepada karya tulis Anda sendiri.