Definisi Tes GMST Sebagai Salah Syarat Tes Masuk IUP UGM

Gadjah Mada Scholastic Test (GMST IUP UGM)

Tes GMST (Gadjah Mada Scholastic Test) adalah sebuah tes kemampuan verbal dan penalaran kuantitatif. Definisi verbal menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah /ver·bal/ /vĂ©rbal/ secara lisan (bukan tertulis), sedangkan kemampuan verbal adalah kemampuan potensial seseorang dibidang bahasa yang dapat diukur melalui tes pengetahuan verbal kosakata atau perbedaharaan kata, padanan kata atau verbal analogi, persamaan kata atau sinonim, lawan kata atau antonim serta verbal lainnya.

Tes kemampuan verbal adalah tes yang digunakan pada psikotes atau psikologi yang tujuannya untuk mengukur kecakapan dan kemampuan bahasa seseorang, baik itu lisan maupun tulisan, serta tes verbal ini untuk mengukur sejauh mana seseorang bisa memahami mengenai perihal yang dibicarakan.

Dengan mempunyai kemampuan verbal yang baik, seseorang atau komunikan (pendengar atau pembaca) mudah untuk memahami pesan baik itu secara tertulis (written) atau secara lisan (oral) yang disampaikan oleh komunikator.
Kemampuan verbal sangatlah berkaitan dengan inteligensi seseorang. Semakin tinggi inteligensi seseorang biasanya mempunyai pengetahuan umum atau informasi serta wawasan yang luas.

Tes verbal berkaitan dengan kemampuan bahasa serta tingkat pendidikan seseorang, jika seseorang mempunyai perbendaharaan kata (vocabulary) yang luas maka tinggi pula tingkat inteligensinya.

Jenis – Jenis Tes Verbal

•    Verbal Kosakata (vocabulary)
•    Verbal Sinonim (persamaan arti kata)
•    Verbal Antonim (lawan kata)
•    Verbal Analogi (padanan kata)
•    Verbal Acak Kata (Pola Kata Baru)

Menurut NCTM, quantitative reasoning (QR) atau penalaran kuantitatif adalah kemampuan yang dikembangkan dalam pembelajaran matematika untuk menganalisis informasi kuantitatif dan untuk menentukan keterampilan dan prosedur yang dapat diterapkan pada masalah tertentu untuk sampai pada suatu solusi.
Penalaran kuantitatif, baik secara umum maupun untuk tujuan penilaian, difokuskan pada pemecahan masalah. Hal tersebut meliputi enam kemampuan: membaca dan memahami informasi yang diberikan dalam berbagai bentuk; menafsirkan informasi kuantitatif dan membuat gambaran kesimpulan; pemecahan masalah menggunakan aritmatika, aljabar, geometri, atau metode statistik; memperkirakan jawaban dan memeriksa kelayakan; mengkomunikasikan informasi kuantitatif; dan membuat batasan dari metode matematika atau statistik.

Penalaran kuantitatif memerlukan penggunaan konten matematika untuk tujuan penilaian dan untuk memecahkan masalah secara lebih umum. Penalaran kuantitatif, bagaimanapun, berbeda secara mendasar, baik secara konseptual maupun praktis, dari pengetahuan konten matematika. Terdapat empat tipe pertanyaan QR, yaitu quantitative comparison, multiple choice-select one, multiple choice-select one or more dan numeric entry. Pada artikel ini akan dikaji soal-soal yang berkaitan dengan keempat tipe tersebut dan dikaitkan dengan pemecahan masalah (sehari-hari).  

0 Response to "Definisi Tes GMST Sebagai Salah Syarat Tes Masuk IUP UGM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel