Definisi Tes GMST Sebagai Salah Syarat Tes Masuk IUP UGM
4/4/18
Add Comment
Tes GMST (Gadjah Mada
Scholastic Test) adalah sebuah tes kemampuan verbal dan penalaran
kuantitatif. Definisi verbal menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
adalah /ver·bal/ /vĂ©rbal/ secara lisan (bukan tertulis),
sedangkan kemampuan verbal adalah kemampuan potensial seseorang dibidang
bahasa yang dapat diukur melalui tes pengetahuan verbal kosakata atau
perbedaharaan kata, padanan kata atau verbal analogi, persamaan kata
atau sinonim, lawan kata atau antonim serta verbal lainnya.
Tes kemampuan verbal adalah tes yang digunakan pada psikotes
atau psikologi yang tujuannya untuk mengukur kecakapan dan kemampuan bahasa
seseorang, baik itu lisan maupun tulisan, serta tes verbal ini
untuk mengukur sejauh mana seseorang bisa memahami mengenai
perihal yang dibicarakan.
Dengan mempunyai kemampuan verbal yang baik, seseorang atau
komunikan (pendengar atau pembaca) mudah untuk memahami pesan baik itu secara
tertulis (written) atau secara lisan (oral) yang disampaikan oleh
komunikator.
Kemampuan verbal sangatlah berkaitan dengan inteligensi
seseorang. Semakin tinggi inteligensi seseorang biasanya mempunyai pengetahuan
umum atau informasi serta wawasan yang luas.
Tes verbal berkaitan dengan kemampuan bahasa
serta tingkat pendidikan seseorang, jika seseorang mempunyai
perbendaharaan kata (vocabulary) yang
luas maka tinggi pula tingkat inteligensinya.
Jenis – Jenis Tes Verbal
• Verbal
Kosakata (vocabulary)
• Verbal
Sinonim (persamaan arti kata)
• Verbal
Antonim (lawan kata)
• Verbal
Analogi (padanan kata)
• Verbal
Acak Kata (Pola Kata Baru)
Menurut
NCTM, quantitative reasoning (QR) atau penalaran kuantitatif adalah kemampuan yang
dikembangkan dalam pembelajaran matematika untuk menganalisis informasi
kuantitatif dan untuk menentukan keterampilan dan prosedur yang dapat
diterapkan pada masalah tertentu untuk sampai pada suatu solusi.
Penalaran
kuantitatif, baik secara umum maupun untuk tujuan penilaian, difokuskan pada
pemecahan masalah. Hal tersebut meliputi enam kemampuan: membaca dan memahami
informasi yang diberikan dalam berbagai bentuk; menafsirkan informasi
kuantitatif dan membuat gambaran kesimpulan; pemecahan masalah menggunakan
aritmatika, aljabar, geometri, atau metode statistik; memperkirakan jawaban dan
memeriksa kelayakan; mengkomunikasikan informasi kuantitatif; dan membuat
batasan dari metode matematika atau statistik.
Penalaran
kuantitatif memerlukan penggunaan konten matematika untuk tujuan penilaian dan
untuk memecahkan masalah secara lebih umum. Penalaran kuantitatif,
bagaimanapun, berbeda secara mendasar, baik secara konseptual maupun praktis,
dari pengetahuan konten matematika. Terdapat empat tipe pertanyaan QR, yaitu
quantitative comparison, multiple choice-select one, multiple choice-select one
or more dan numeric entry. Pada artikel ini akan dikaji soal-soal yang
berkaitan dengan keempat tipe tersebut dan dikaitkan dengan pemecahan masalah
(sehari-hari).
0 Response to "Definisi Tes GMST Sebagai Salah Syarat Tes Masuk IUP UGM"
Post a Comment