Tips dan Trik Menghadapi Tes Group Discussion (GD) IUP UGM

Group Discussion atau DiskusiKelompok merupakan suatu proses pengumpulan informasi mengenai suatu masalah tertentu yang sangat spesifik. Karakteristik Diskusi Kelompok adalah jumlah peserta Diskusi terbatas (biasanya terdiri dari 4 orang dalam satu kelompok, dengan tujuan agar setiap peserta mendapat kesempatan untuk berbicara, mengemukakan pendapat dan terlibat aktif dalam diskusi. Setiap anggota kelompok akan diberikan waktu 15 menit untuk menyusun suatu argument yang menyatakan posisinya dalam topik tersebut. 

Contoh:
Topic: Pemilu harusnya diwajibkan bukan dibuat suatu hak
Argument: saya percaya bahwa, harusnya pemilu diwajibkan……

Setelah itu sesi diskusi akan dibuka,setiap anggota kelompok harus mengemukakan pendapatnya dan juga harus menanggapi pendapat dari anggota diskusi lainnya, waktu sesi ini adalah 20 menit. 

Dalam tes yang dilakukan terdapat beberapa poin penilaian yang dilihat dari pengawas. Berikut beberapa poin penilaiannya.

1.      Inisiatif
Adanya inisiatif peserta dalam FGD menunjukkan bahwa peserta memiliki jiwa leadership dan confidence yang baik. Peserta yang mampu membuka diskusi, memberikan solusi, dan mengingatkan masalah waktu akan mendapatkan poin lebih dari pengawas.

2.      Ide atau Solusi
3.      Semakin peserta dapat menuangkan ide dan solusi yang relevan maka anda boleh berharap untuk mendapat poin lebih dari pengawas. Jadi jangan sia-siakan kertas kosong yang dibagikan oleh pengawas, tulis saja ide atau solusi yang dapat anda lakukan dengan relevan.

4.      Sampaikan ide dan solusi
Sampaikan ide dan solusi anda terhadap maslah yang ada dalam kertas bacaan, jika perlu anda dapat menjelaskan melalui papan tulis seperti anda sedang berpresentasi. Karena pengawas akan melihat bagaimana anda menyampaikan ide dan solusi dalam proses diskusi.

5.      Mampu mengarahkan diskusi
Ketika anda mampu membuat kelompok diskusi anda menjadi hidup, sudah pasti pengawas memberikan poin lebih kepada anda. Namun dalam mengarahkannya jangan terlalu memaksakan kehendak, karena dalam kelompok tidak hanya ada ide anda saja, lihat dan perhatikan jiga ide-ide peserta lainnya.

6.      Kepedulian
Jika dirasa anda belum dapat melakukan poin ke-empat, ada baiknya anda membantu peserta lain yang mungkin terlihat tidak aktif atau belum menyampaikan pendapatnya.

Setelah kita mengetahui poin penilaian dalam tes GD, berikut ini merupakan beberapa tips dan trik yang dapat anda lakukan agar lolos mengikuti tes GD.

a)      Tulis secara jelas dan singkat tentang ide, solusi dan masalah yang anda temukan dalam kertas bacaan. Untuk lebih mudah meringkasnya anda dapat menggunakan format penulisan seperti berikut ini.
IDENTIFIKASI SITUASI DAN MASALAH
a. …..
b. …..
c. …..
SOLUSI TERHADAP PERMASALAHAN
a. ….
b. ….
c. …

Namun usahakan anda tetap bisa relevan dalam memberikan pendapat sesuai dengan situasi yang ada dan jangan berlebihan.

b)      Jika dirasa para peserta sudah selesai membaca dan diskusi sudah dimulai, anda dapat membuka diskusi tersbut terlebih dahulu karena hal tersebut juga akan menambah poin positif untuk anda.
c)      Sampaikan pendapat dengan bertanya. Jika kebanyakan peserta memberikan pendapatnya dengan mengatakan “menurut pendapat saya….” atau “Pandangan saya tentang masalah ini …”. anda dapat menggantikan dengan “Bagaimana menurut teman-teman jika masalah ini …”. Cara tersebut juga merupakan poin untuk anda, karena anda dapat membuat para peserta memberikan penyanggahan atas pendapat anda dan membuat suasana diskusi menjadi lebih hidup.
d)     Jika ada pendapat peserta lain yang dirasa tidak sepandangan dengan anda, anda dapat melakuan debatnamun tetap elegan . Sampaikan pendapat anda secara smart dan komprehensfi, dan tunjukan bahwa pendapatnya baik tapi pendapat anda lebih baik.
e)      Jika waktu diskusi telah habis, anda dapat mengingatkan kepada peserta lain. Jika dalam diskusi tersebut belum ada kesimpulan, maka anda dapat mengarahkan mereka pada sebuah kesimpulan.
f)       Be confident, smart dan meyakinkan. Untuk melakukan semua itu anda harus berpenampilan yang baik dan memiliki wawasan yang luas yang berhubungan dengan jurusan yang anda minati.




3 Responses to "Tips dan Trik Menghadapi Tes Group Discussion (GD) IUP UGM"

  1. halo saya mau tanya, dalam diskusi diharuskan menggunakan bahasa inggris atau indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik Leaaderless Group Discussion (LGD0 dan GRoup Discussion (GD) semuanya dalam bahhsa Inggris.

      Delete
  2. Maaf baru bals. Iya betul. Semua haus dalam bahasa Inggris

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel