Toefl ITP: Tips dan Trik Listening Comprehension Part A


Dalam tes TOEFL ITP, Anda akan diuji dalam memahami teks lisan (Listening Comprehension), memahami struktur dan ungkapan model tulisan (Structure and Written Expression) yang berkaitan dengan tata bahasa Inggris, memahami bacaan (Reading Comprehension), dan kemampuan memahami menulis (Writing). Soal Listening dalam tes TOEFL bertujuan untuk menguji kemampuan dalam memahami bahasa lisan. Namun, tidak hanya sekadar kemampuan mendengarkan bahasa Inggris lisan, tapi juga pengetahuan tata bahasa Inggris (grammar) yang memadai. Semua kalimat dalam bagian ini menggunakan kalimat gramatikal dan biasanya dalam bentuk kalimat lengkap yang diucapkan dalam percakapan bahasa Inggris. Dalam contoh soal TOEFL Listening ini, kami akan membahas terlebih dahulu bagian-bagian yang diuji dalam tes TOEFL. 

 Bagian listening comprehension terdiri dari tiga bagian dengan 50 pertanyaan. 

1. Bagian A (Part A) terdiri dari 30 pertanyaan (short conversation/dialogue) 
2. Bagian B (Part B) terdiri dari 7 sampai 8 pertanyaan (long conversation) 
3. Bagian C (Part C) terdiri dari 11 sampai 13 pertanyaan (talk). Untuk menjawab 50 pertanyaan tersebut, Anda diberi waktu 35 - 45 menit. Jadi, Anda memiliki waktu antara 12-15 detik untuk menjawab 1 soal. 

I. Short Conversation (Part A). 
Pada Part A, Anda akan mendengar sekitar 30 percakapan pendek antara dua orang dan setiap satu percakapan akan diikuti oleh satu pertanyaan. Rata-rata satu pembicara hanya berbicara satu kali. Ketika Anda mendengarkan percakapan harus memerhatikan dengan cermat ungkapan yang diucapkan oleh pembicara kedua, karena biasanya kata kunci untuk menjawab berada pada kalimat yang diucapkan oleh pembicara kedua. Untuk menjawab soal-soal di bagian ini, Anda dapat membaca tips dan triknya secara spesifik dalam Trik dan Cara Menjawab Soal Listening Part A. 

Jadi inti dari Listening Comprehension Part A (nomor 1 – 30) adalah mencari kalimat lain yang maknanya sama/mirip (sinonim) dengan kata kunci pada jawaban orang ke – dua. Dalam hal ini kita MENYIMPULKAN MAKSUD DARI JAWABAN ORANG KE – DUA. 

CATATAN: 

ORANG PERTAMA : adalah orang yang bertanya dalam percakapan. 
ORANG KEDUA : adalah orang yang menjawab pertanyaan orang pertama. 
NARRATOR :adalah orang yang membuat pertanyaan berdasarkan percakapan orang pertama dan kedua. 

CONTOH: 

Directions In Part A, you will hear short conversation between two speakers. At the end of each conversation a third voice will ask a question about waht was said. The question will be spoken just one time. After you hear a conversation and the question about it, read the four possible answers and decide which one would be the best answer to the question you have heard. The on your answer sheet find the number of the problem and mark your answer. 

Petunjuk Pada Bagian A, Anda akan mendengarkan percakapan-percakapan pendek antara dua pembicara. Di akhir setiap percakapan, ada suara ketiga yang menanyakan tentang apa yang diungkapkan dalam percakapan. Pertanyaan hanya akan diucapkan sekali. Setelah Anda mendengarkan sebuah percakapan dan pertanyaan tentang percakapan tersebut, bacalah keempat pilihan jawaban dan tentukan mana yang merupakan jawaban terbaik dari pertanyaan yang telah Anda dengar. Kemudian, pada lembar jawaban Anda, lihatlah nomor soal dan hitamkan pilihan jawabannya. Setelah membaca petunjuk di atas, Anda akan mendengar sebuah percakapan pendek sebagai berikut. 

(Man) : I am trying to find a book by author Sterling Watson. Do you know where I should look? (Woman) : He's a fiction writer, isn't he? Log on to this computer. Click on fiction, and then search by author name. See? Oh, he has written quite a few books, although I've never heard of him. (Man) : His books were never in the top ten, but I like his style. I took a class from him at the University of Florida. Narrator : What does the man say about Sterling Watson? 

Tulisan dalam buku test Anda: 

A. He is required to read one of his books but does not like his writing. 
B. He has never read any of his works previously. 
C. He appreciates his writing style. 
D. He learned about his books from a computer. 

Jawaban : (C) He appreciates his writing style. Keyword : I like his style Pembahasan : "His books were never in the top ten, but I like his style" yang dinyatakan oleh laki-laki tersebut jelas bahwa buku-buku pengarang tersebut tidak pernah pada urutan sepuluh terbaik tetapi dia menyukainya yang berarti bahwa laki-laki tersebut menghargai tulisan sang penulis. 

0 Response to "Toefl ITP: Tips dan Trik Listening Comprehension Part A"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel